Dasar-Dasar Manajemen


A.     Pengertian manajemen

Bahwa  dasar  dan  prinsip manajemen  telah dikemukakan  George  R.Terry  (dalam  Suradinata,  1996:14-19)  bahwa:  “Management  is  the accomplishing of  the predetermined, obyective  through  the efforts of other people.”(Manajemen adalah pencapaian  tujuan  yang  telah  ditetapkan  melalui/bersama  orang  lain)  ...”Management  is  a  distinct process consisting of planning, organizing, actuating and controlling, utiliting  in each both science and art, and  followed  in order  to accomplish predetermined obyectives”. 

(Manajemen  adalah  suatu proses yang  membeda-bedakan  atas  perencanaan,  pengorganisasian,  penggerakan,  pelaksanaan  dan pengawasan, dengan memanfaatkan  balk  ilmu maupun  seni,  agar  dapat menyelesaikan  tujuan  yang telah ditetapkan sebelumnya)”.



1.    Sedangkan Manajemen menurut beberapa Ahli :

a)        Menurut Horold Koontz dan Cysil o’donnel adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

b)        Menurut encyclopedia of the social science adalah suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.

c)        Menurut  Haiman manjemen yaitu fungsi untuk mencapai suatiu tujuan melalui kegiatan orang lain  mengawasi usaha-usaha yang dilaksanakan individu untuk mencapai tujuan.



B.     Tingkatan manajemen dan manajer

a)      Manajemen lini

Manajemen tingkat pertama, yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang bertangung jawab terhadap pekerjaan orang lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik, pengawas teknik bagian risest dan lain sebagainnya.

b)      Manajemen menengah ( mindhel manajer)

Mencakup lebih dalam suatu tingkatan di dalam organisasi. Manjemen mengengah mengarahkan kegiatan manajer lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan lain yang melaksanakan kebijakan organisasi. Contohnya kepala bagian yang membawahi kepala bagian seksi, kepala divisi dan lain serbagainnya.

c)      Manajemen puncak ( tiop manajer)

Terdiri atas kelompok yang relatife kecil, yang bertangung jawab atas manajeman keselureuhan dalam organisasi. Mereka menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya.



C.       Perencanaan

Proses yang diatur supaya suatu sasaran atau tujuan masa depan yang masih samar-samar menajadi jelas.



a)      Jenis-jenis perencanaan

1.      Strategi planning

Perencanaan utama  meliputi perencanaan strategi umum/pola dasar tujuan perusahaan.

2.      Strategi  manajemen

Perencanaan departemenisasi yang harus dilaporkan setiap tahun.

3.      Perencanaan administrasi

Perencanaan yang diatur secara perinci dan teknikal yang terdiri dari kegiatan dan tugas.



D.     Pengambilan keputusan

1.        Fase pengambilan keputusan

a.         Aktivitas intelegensisa

b.        Aktivitas desain

c.         Aktivitas pemilihan

2.        Teknik pengambilan keputusan

a.         Operasional research/ riset operasi

b.        Linier programming

c.         Gaming war game

d.        Probalility



E.     Fungsi-fungsi  manajemen

1.      Perencanaan/ planning

Yaitu suatu usaha atau upayah untuk mengupayakan kegiatan yang akan dilakukan.

2.      Pengorganisasian/ organizing

Kegiatan yang meliputi penetapan struktur, tugas dan kewajiban.

3.      Penyusunan staf/ staffing

Termasuk didalamnya pengrekrutan karyawan, pemanfaatan, pelatihan, pendidikan dan sumber daya karyawan tersebut dengan efektif.

4.      Pengarahan/ directing

Memberikan perintah atau arahan

5.      Pengkoordinasian/ coordinating

Yaitu mengkoordinir seluruh pekerjaan dalam satu totalitas organiasasi pekerjaan.

6.      Pengawasan/ controlling

Memberikan penilaian, koreksi dan evaluasi atas semua kegiatan.

Komentar