Dasar-Dasar Manajemen
A.
Pengertian manajemen
Bahwa dasar
dan prinsip manajemen telah dikemukakan George
R.Terry (dalam Suradinata,
1996:14-19) bahwa: “Management
is the accomplishing of the predetermined, obyective through
the efforts of other people.”(Manajemen adalah pencapaian tujuan
yang telah ditetapkan
melalui/bersama orang lain)
...”Management is a
distinct process consisting of planning, organizing, actuating and
controlling, utiliting in each both
science and art, and followed in order
to accomplish predetermined obyectives”.
(Manajemen adalah
suatu proses yang
membeda-bedakan atas perencanaan,
pengorganisasian,
penggerakan, pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan balk ilmu
maupun seni, agar
dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya)”.
1.
Sedangkan
Manajemen menurut beberapa Ahli :
a)
Menurut
Horold Koontz dan Cysil o’donnel adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan
tertentu melalui kegiatan orang lain.
b)
Menurut
encyclopedia of the social science adalah suatu proses dimana pelaksanaan suatu
tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
c)
Menurut Haiman manjemen yaitu fungsi untuk mencapai
suatiu tujuan melalui kegiatan orang lain
mengawasi usaha-usaha yang dilaksanakan individu untuk mencapai tujuan.
B. Tingkatan
manajemen dan manajer
a)
Manajemen
lini
Manajemen
tingkat pertama, yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi,
dimana seorang bertangung jawab terhadap pekerjaan orang lain, misalnya mandor
atau pengawas produksi dalam suatu pabrik, pengawas teknik bagian risest dan
lain sebagainnya.
b)
Manajemen
menengah ( mindhel manajer)
Mencakup
lebih dalam suatu tingkatan di dalam organisasi. Manjemen mengengah mengarahkan
kegiatan manajer lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan lain yang
melaksanakan kebijakan organisasi. Contohnya kepala bagian yang membawahi
kepala bagian seksi, kepala divisi dan lain serbagainnya.
c)
Manajemen
puncak ( tiop manajer)
Terdiri
atas kelompok yang relatife kecil, yang bertangung jawab atas manajeman
keselureuhan dalam organisasi. Mereka menetapkan kebijaksanaan operasional dan
membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya.
C. Perencanaan
Proses yang diatur supaya suatu
sasaran atau tujuan masa depan yang masih samar-samar menajadi jelas.
a)
Jenis-jenis
perencanaan
1.
Strategi
planning
Perencanaan
utama meliputi perencanaan strategi
umum/pola dasar tujuan perusahaan.
2.
Strategi manajemen
Perencanaan
departemenisasi yang harus dilaporkan setiap tahun.
3.
Perencanaan
administrasi
Perencanaan
yang diatur secara perinci dan teknikal yang terdiri dari kegiatan dan tugas.
D.
Pengambilan keputusan
1.
Fase
pengambilan keputusan
a.
Aktivitas
intelegensisa
b.
Aktivitas
desain
c.
Aktivitas
pemilihan
2.
Teknik
pengambilan keputusan
a.
Operasional
research/ riset operasi
b.
Linier
programming
c.
Gaming
war game
d.
Probalility
E.
Fungsi-fungsi manajemen
1.
Perencanaan/
planning
Yaitu
suatu usaha atau upayah untuk mengupayakan kegiatan yang akan dilakukan.
2.
Pengorganisasian/
organizing
Kegiatan
yang meliputi penetapan struktur, tugas dan kewajiban.
3.
Penyusunan
staf/ staffing
Termasuk
didalamnya pengrekrutan karyawan, pemanfaatan, pelatihan, pendidikan dan sumber
daya karyawan tersebut dengan efektif.
4.
Pengarahan/
directing
Memberikan
perintah atau arahan
5.
Pengkoordinasian/
coordinating
Yaitu
mengkoordinir seluruh pekerjaan dalam satu totalitas organiasasi pekerjaan.
6.
Pengawasan/
controlling
Memberikan
penilaian, koreksi dan evaluasi atas semua kegiatan.
Komentar
Posting Komentar